Home » » Memilih Sunscreen sesuai jenis kulit

Memilih Sunscreen sesuai jenis kulit

Written By amalinakayyisah on Sabtu, 03 November 2012 | 17.37

Sunscreen tak hanya bermanfaat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari, tetapi juga membuat kulit Anda tetap lembap dan lembut. Agar kulit terproteksi dengan maksimal, pastikan Anda memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pemakaian suscreen yang tepat juga akan membuat kulit cantik secara maksimal. Berikut Tips Memilih Sunscreen sesuai jenis kulit

Untuk wanita yang banyak beraktivitas di luar ruangan, tentu sinar matahari sudah tidak dapat terelakkan lagi. Padahal matahari mengandung radiasi ultraviolet (UV) yang berbahaya bagi kulit. Radiasi UV ini dapat mengakibatkan kerusakan kulit, mulai yang ringan seperti flek hitam (melasma) dan ku¬lit terbakar (sunburn) hingga mempercepat penuaan.

Karena itu, kulit butuh perlindungan dari sinar matahari. Selain dapat menutupi kulit dengan jaket, kaus kaki, kacamata hitam dan topi, namun Anda juga membutuhkan bahan perlindungan khusus. Salah satunya adalah sunblock.

"Sunblock adalah bahan yang dapat melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari (radiasi UV). Saat ini istilah sunblock sudah jarang digunakan, yang saat ini digunakan adalah sunscreen. Ini dikarenakan sampai saat ini masih belum ada bahan yang benar-benar bisa mem-`block' secara total paparan sinar matahari," tutur dr Desy Hinda Pramita SpKK, beauty consultant Esther House of Beauty.

TINGKAT PROTEKSI SUNSCREEN

Masih menurut Desy, sebenarnya sunscreen ini tidak hanya dibutuhkan bagi Anda yang kerap beraktivitas di luar ruangan. Namun, bagi Anda yang berada di dalam ruangan juga membutuhkan sunscreen ini. "Karena sinar matahari dapat dipantulkan dari kaca," imbuhnya.

Untuk Anda yang baru saja mengenal sunscreen, dr Desy menyarankan untuk memilih sunscreen yang tepat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit maupun dokter kecantikan. "Namun, jika tidak memungkinkan untuk berkonsultasi dengandokter, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum memilih sunscreen. Yang pertama, harus disesuaikan dengan jenis kulit dan yang kedua, harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan," jelas dr Desy.

Jika Anda sering bekerja di lapangan,maka Anda harus memilih sunscreen dengan kandungan SPF lebih tinggi. SPF sendiri merupakan singkatan dari Sun Protective Factor. Maksudnya adalah kemampuan sunscreen untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Biasanya dalam ke, masan sunscreen terdapat tulisan SPF 15, SPF 30, atau SPF 50. Semakin besar SPF, maka semakin tinggi pula tingkat proteksi yang diberikan. Sedangkan untuk sunscreen dengan SPF rendah, dapat Anda gunakan ketika Anda tidak terlalu sering dilapangan.

PEMAKAIAN SUNSCREEN SECARA TEPAT

Selain pemilihan sunscreen yang tepat, Anda juga harus mengetahui cara pengaplikasian sunscreen yang tepat. Sunscreen tak hanya digunakan sekali dalam sehari. Dr Desy menjelaskan, Anda harus mengulang penggunaan sunscreen, biasanya 3 jam sekali harus diulang.

Untuk mengoleskan sunscreen juga harus dilakukan 20 atau 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan, bukan sesaat sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Karena itulah waktu yang dibutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit secara maksimal. "Sunscreen harus digunakan rutin. Oleskan sebelum mengaplikasikan foundation atau bedak," kata dr Desy.

Sengatan sinar matahari yang paling berbahaya dimulai dari pukul 10.00 hingga 16.00. untuk menghindarkan kulit dari kerusakan, Anda bisa menghindari waktu-waktu tersebut untuk terkena paparan sinar matahari. Selain itu, dr Desy menyarankan, bukan hanya kulit wajah saja yang membutuhkan perlindungan dari matahari, namun Anda juga harus melindungi bagian tubuh lainnya, seperti tangan dan kaki.

Sumber : Nurani
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Translate

 
Author : Desain Blog
Copyright © 2013. Amalina Kayyisah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
-->