Home » » cara ampuh menumbuhkan kreativitas

cara ampuh menumbuhkan kreativitas

Written By amalinakayyisah on Rabu, 24 April 2013 | 11.12

Memiliki banyak ide kreatif merupakan impian bagi sebagian orang. Terlebih bagi Anda yang pekerjaannya dituntut untuk selalu memiliki ide - ide baru. Apakah Anda termasuk orang yang sulit untuk menciptakan ide -  ide kreatif? Berikut ini tips agar kreativitas dapat tumbuh secara natural.
Pada dasarnya, manusia memiliki potensi masing - masing dalam dirinya. Begitu juga dengan potensi kreativitas. Semua manusia memiliki potensi dasar ini, hanya saja tingkat ketajamannyalah yang membedakan. Menurut pakar psikologi, dosen Psikolog Universitas 17 Agustus Surabaya, Dyah Sofiyah SPsi MSi , berbicara mengenai kreativitas sama halnya dengan yang namanya bakat. Ide kreatif tidak jatuh begitu saja dari langit, ketika orang lagi bengong seperti mendapat wangsit. Tentunya ide kreatif butuh untuk diasah dan dilatih sehingga ide - ide akan terus bermunculan.

Berpikir kreatif merupakan kemampuan mempersepsikan sesuatu yang unik dalam gejala di sekitar kita, kemudian memperbaharui dan menemukan jalan keluar baru. Jalan keluar baru itu adalah sesuatu yang dicari secara konstan, tidak ditemukan secara tiba - tiba.


1. Banyak Membaca, menurut psikolog Softy Balgies SPsi Msi pada prinsipnya, mencari ide ialah mencari sesuatu yang sudah ada dalam pikiran kita. Dengan banyak membaca, kita mengisi pikiran dengan bahan-bahan berupa potongan potongan informasi seperti mengumpulkan potongan-potongan puzzel.

"Bacaan tidak harus berupa buku, tetapi bisa majalah, koran, atau artikel - artikel, dan kondisi terkini yang ada di masyaakat. Yang terpenting sesuai dengan kebutuhan dan yang sedang diminati," terang wanita yang kerab disapa Soffy ini.

Semakin banyak informasi diperoleh, berarti semakin banyak potongan puzzel yang Anda kumpulkan. Hal itu berarti peluang untuk mendapatkan ide kreatif semakin besar.

2. Analisis Tajam. Langkah selanjutnya tidak berhenti hanya pada membaca, namun Anda juga dapat melakukan analisis tajam terhadap apa yang sudah dibaca, dilihat, dan diamati. Analisis tajam ini dapat berupa survei dengan membandingkan antara ide yang sudah ada dengan ide baru.

"Misalnya ide mengenai produk sikat gigi. Setelah Anda mengamati sikat gigi yang sudah ada di masyarakat, diketahui bahwa sikat gigi saat ini bentuknya tidak lagi besar. Maka setelah itu Anda dapat melakukan analisis tajam mengenai hal tersebut dengan melakukan survei pada kebutuhan masyarakat. Pada akhirnya muncullah ide untuk merubah bentuk sikat gigi yang bisa dilipat," ujarnya.

3. Mendengan Masukan. Tips selanjutnya adalah berkenan mendengar masukan dari orang lain. Masukan ini dapat berupa keluhan, kritik, dan saran dari siapa pun. Kalau kita bisa mendengar dan menyaring keluhan, kritik, dan saran dari orang lain, tidak jarang terdapat cikal bakal ide cemerlang yang tanpa sengaja mereka sampaikan kepada kita.

4. Ada Tantangan. Kadangkala sesuatu akan muncul ketika tantangan diberikan. Begitu pula dengan ide kreatif. Tantangan ini dapat berupa tantangan yang sengaja diberikan perusahaan untuk seluruh karyawannya guna menciptakan inovasi dan perkembangan baru bagi perusahaan. Tantangan ini juga dapat berupa tantangan dari diri sendiri untuk selalu berinovasi.

Soffy mengatakan, dalam dunia kerja saat ini jarang ditemui seseorang yang melakukan tantangan pada dirinya sendiri. Yang paling banyak ialah tantangan rutin yang diberikan perusahaan untuk karyawanya. "Namun hal tersebut tidak menjadi permasalahan bagi Anda agar terus memberikan tatangan untuk diri sendiri sehingga muncul inovasi baru yang mandiri dan kreatif," imbuhnya.
Semoga Tips cara mudah menumbuhkan kreativitas dapat menjadi inspirasi untuk terus menumbuhkan ide kreatif yang tentunya akan berguna dalam dunia kerja. 

Sumber : Nurani
Foto : vistage.com
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Translate

 
Author : Desain Blog
Copyright © 2013. Amalina Kayyisah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
-->