Home » » Tips Tidur Sehat bagi Wanita Hamil

Tips Tidur Sehat bagi Wanita Hamil

Written By amalinakayyisah on Senin, 03 Februari 2014 | 10.19

Tips Tidur Sehat bagi Wanita Hamil

Tips Tidur Sehat bagi Wanita Hamil. Bagi wanita yang sedang hamil, tidur adalah sebuah kebutuhan yang harus diatur. Selain posisi yang tepat, durasi atau waktu tidur juga harus disesuaikan. Tidur yang sehat dan berkualitas akan membuat ibu hamil lebih sehat dan terhindar dari risiko tekanan darah tinggi.


Setiap orang tentu memerlukan istirahat atau tidur, lebih-lebih wanita hamil yang mudah mengalami kelelahan. Karena itu, mereka harus memaksimalkan waktu untuk tidur yang sesuai untuk mengembalikan energinya dengan baik. Sebab, kurang tidur dapat melahirkan risiko, antara lain terjadinya tekanan darah yang meningkat selama masa kehamilan.

Lalu, bagaimana cara mengatur waktu tidur yang baik bagi wanita hamil?

Menurut dr Indi Ambang SpOG, dokter spesialis kandungan RSI A Yani Surabaya, waktu tidur yang baik bagi wanita hamil setidaknya berlangsung 8 jam di malam hari, sebagaimana juga waktu tidur yang normal bagi kalangan dewasa."Waktu 8 jam itu adalah waktu yang normal dan cukup bagi orang hamil. Jangan sampai mereka kurang tidur, terutama ketika kandungannya sudah berusia 3 bulan," jelas Indi.

Lebih lanjut, Indi menjelaskan bahwa tidur bagi orang hamil adalah kebutuhan yang harus dipenuhi. Akan tetapi, posisi tidur untuk mereka tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, kondisi tubuh orang hamil tidak bisa disamakan dengan orang biasa yang bisa seenaknya tidur. baik dalam posisi telentang maupun miring. "Khusus wanita yang sedang hamil, posisi tidur yang paling baik adalah miring ke kiri," imbuhnya.

Sebab dengan tidur dalam posisi miring ke kiri lanjutnya, hal itu dapat melancarkan darah, terutama saluran ke rahim dan juga dapat memaksimalkan kebutuhan oksigen. Karena itu, ketika usia kandungan sudah beranjak tiga bulan, hendaknya wanita hamil membiasakan diri tidur dalam posisi miring ke kiri dan boleh menggunakan bantal.

Tips Tidur Sehat bagi Wanita Hamil

"Dengan tidur dalam posisi miring ke kiri. sirkulasi darah dapat ditinggkatkan ke arah rahim, janin dan ginjal. Disamping itu, sirkulasi darah pada jantung juga dapat ditingkatkan dengan cara posisi miring" paparnya. Perlunya Tidur Siang. Indi melanjutkan, dibutuhkannya tidur yang maksimal bagi wanita hamil  karena kehamilan membuat mereka cepat lelah sehingga membutuhkan istirahat. Dengan adanya janin dalam perut wanita, mereka seringkali merasakan adanya ketegangan yang tidak bisa bergerak bebas sebagaimana orang biasa. "Dalam hal ini, baik mereka yang baru pertama kali mengalami kehamilan maupun yang sudah berkali-kali hamil tidak ada perbedaan. Istirahat dengan cara tidur sangat dibutuhkan," pungkasnya.

Jika pada malam hari mereka mengalami susah tidur, hendaknya hal itu disiasati dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membuatnya ngantuk, mulai dari nonton TV dan lain-lain. Sebab, istirahat dengan cara tidur bagi orang hamil sangat bagus, baik pada janin maupun pada diri seorang ibu.

Namun sebaliknya, jika seorang ibu seringkali kekurangan tidur, maka hal itu dapat berdampak buruk bagi kesehatan dirinya dan juga janin yang ada dalam kandungan. Oleh karena itu, kalaupun wanita hamil tidak bisa tidur maksimal di malam hari, hendaknya mereka mengganti waktu tidur yang kurang itu pada siang harinya. Hal itu perlu dilakukan untuk mendapatkan kembali energi yang hilang akibat kelelahan. Demikian sedikit artikel tentang Tips Tidur Sehat bagi Wanita Hamil semoga berguna.

Sumber : Nurani
Foto : google
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Translate

 
Author : Desain Blog
Copyright © 2013. Amalina Kayyisah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
-->