Home » » Tips membuat kulit cerah

Tips membuat kulit cerah

Written By amalinakayyisah on Senin, 01 Oktober 2012 | 08.41

Tips membuat kulit cerah ternyata mudah. Siapa yang tidak ingin memiliki kulit cerah? Ternyata butuh waktu 28 hari saja untuk regenerasi sel kulit, termasuk sel kulit wajah.
Sebelum waktunya mengelupas , sel wajah akan terlihat lebih kusam. Nah, agar kulit kembali cerah saat sel kulit mati sudah terangkat salah satu tipsnya dengan memberi suplemen vitamin c untuk wajah Anda.

Sel pada kulit wajah Anda juga mempunyai siklus yang harus Anda kenali. Selama usia 0-28 hari, mereka tumbuh, dan pada hari ke 28, mereka akan melakukan regenerasi kulit. Sel kulit yang sudah mati akan terangkat dan diganti oleh sel kulit baru yang sehat. Proses penggantian kulit ini merupakan proses normal dan alami. Terkadang disertai pengelupasan lapisan kulit, terkadang juga tidak.

Proses pengangkatan sel kulit mati ini, bisa juga dimaksimalkan dengan melakukan scrubbing di rumah. Atau bisa juga dibantu dengan treatment chemical peeling atau microdermabrasi. Langkah di atas merupakah langkah bantuan pengangkatan sel kulit mati agar lebih sempurna.

Kulit Lelah

Masih menurut dr Maria, pada usia sel kulit akan mati, wajah biasanya cenderung kusam. "Pada hari ke 25-28, sel kulit yang tidak sehat akan membuat wajah terlihat kusam," jelas dr Maria Rosana P, dokter konsultan dari Esther House of Beauty.Namun seiring bertambahnya usia, pada wanita di atas usia 35 tahun misalnya, maka usia kulit akan lebih lama. Usia sel kulit bisa mencapai 30 hingga 35 hari. "Karena itu, pada wanita berusia di atas 35 tahun, kulitcenderung lebih kusam dan keriput karena siklus kulitnya lebih panjang," imbuhnya.

Selain itu, Dr Maria melanjutkan, kulit kusam ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah karena paparan sinar matahari yang berlebih. Sinar UVA dan UVB pada sinar matahari akan merusak sel kulit wajah yang akan menjadikan wajah tampak kusam. Begitu juga dengan kondisi tubuh yang kelelahan dan kurang tidur. Sel kulit yang lelah akan lebih terlihat. Gejala yang muncul pada kulit yang kelelahan adalah cenderung akan menjadi lebih kusam.

"Selain itu, seringnya menggunakan make up tebal juga akan membuat kulit wajah kusam. Namun, bagi Anda yang memang diharuskan menggunakan make up tebal saat bekerja, Anda sebaiknya rajin membersihkan make up setelah selesai beraktifitas. Gunakan susu pembersih, facial foam, dan juga toner agar make up terangkat lebih sempuma," jelas dr Maria.

Mencerahkan Kulit

Proses pengangkatan sel kulit pada wajah ini memang terjadi dalam usia sel yang ke-28 hari. Namun dr Maria menambahkan, sel kulit kita tidak secara bersamaan mengalami regenerasi. "Ada jutaan sel dalam tubuh juga wajah dan usia mereka barbeda" Jadi bisa setiap hari ada regenerasi sel kulit pada wajah Anda," ujar dr Maria.

Karena itu, agar kulit wajah terjaga tetap cerah. dr Maria memberikan beberapa tips. Selama usia sel kulit (28 hari) Tips ini harus Anda lakukan, di antaranya:
  1. Rajin mengonsumsi makanan bergizi juga vitamin dan mineral. Hal ini untuk menjaga agar sel kulit wajah tetap dalam kondisi yang sehat. Jika sel kulit wajah sehat, maka kulit wajah akan tampak lebih cerah.
  2. Salah satu vitamin yang penting untuk kulit wajah adalah vitamin C. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan. Pertama, mengonsumsi makanan atau buah yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, jambu merah, dan stroberi. Untuk perawatan dari luar, Anda dapat menggunakan serum vitamin C untuk wajah.
  3. Konsumsi air putih minimal 2 liter sehari juga dapat membantu membuat sel kulit wajah lebih sehat. 
  4. Menggunakan sunblock pada pagi hari. Sunblock akan melindungi kulit wajah dari sinar UVA dan UVB yang akan merusak sel kulit.
  5. Krim malam juga bisa Anda gunakan untuk memberikan nutrisi lebih pada sel kulit. Ingat, semakin sehat kulit, maka kulit akan selalu terlihat cerah bukan? 
  6. Olahraga agar tubuh tetap fit dan istirahat cukup juga harus Anda lakukan. Jika tak ingin kulit kusam karena kelelahan, maka Anda harus mulai kembali mengatur jadwal istirahat yang ideal
  7. Pada hari keduapuluh delapan. ketika sel kulit yang mati telah terangkat, maka Anda akan mendapatkan kulit yang lebih cerah. Lakukan tips di atas secara rutin agar kulit Anda selalu terlihat cerah dan sehat.
Sumber : Nurani

Demikian Tips membuat kulit cerah semoga berguna, Trmkash
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Translate

 
Author : Desain Blog
Copyright © 2013. Amalina Kayyisah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
-->