Home » » Tips merawat rambut rontok

Tips merawat rambut rontok

Written By amalinakayyisah on Kamis, 27 September 2012 | 19.28

Rambut merupakan mahkota bagi setiap manusia, tak terkecuali bagi perempuan. Untuk itu penting mengetahui cara mengatasi masalah rambut rontok.

Ada beberapa hal yang menyebabkan rambut menjadi kering, lepek, kasar, hingga rontok. Menurut dr Ni Putu Susari Widianingsih SpKK, faktor penyebab tersebut adalah pemakaian shampo yang tidak tepat,
"Sering dikuncir atau langsung mengenakan jilbab segera setelah keramas tanpa mengeringkannya terlebih dulu juga bisa menyebabkan rambut cepat rusak," ujar dr Ni Putu.

Lebih lanjut dr Ni Putu juga menambahkan. Kerontokan rambut dapat pula disebabkan oleh stres. faktor hormonal, karena obat-obatan atau karena penyakit tertentu.

Ketahui Penyebab Rambut Rontok

Dalam masa pertumbuhannya, rambut mengalami tiga proses yakni anagen (pertumbuhan), tatagen (transisi) dan telogen (istirahat). "Dalam kondisi normal, secara otomatis rambut akan mengalami kerontokan sebagai bentuk pertumbuhan. Namun. bila jumlah rambut yang rontok lebih dari 100 helai per hari, maka kerontokan tesebut tidak bisa di katakan sebagai proses yang normal," jelas dr. Ni putu.

Lebih lanjut dr Ni Putu menuturkan, cara mengatasi rambut rontok harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Misalnya kerontokan yang terjadi karena faktor mekanis seperti rambut sering dikuncir dengan tekanan yang keras maka langkah untuk mengatasinya adalah dengan tidak melakukan lagi kebiasaan menarik rambut dengan keras.

Sebaliknya, bila kerontokan terjadi karena faktor obat - obatan atau sedang dalam masa penyembuhan penyakit. Maka proses penyembuhan rarnbut rontok bisa dilakukan dengan memberi suplemen dan vitamin penguat rambut. Karena bila dikarenakan faktor ini kerontokan rambut memang wajar terjadi dan akan kembali tidak rontok kembali bila masa penyembuhannya sudah selesai.

Makanan Penguat Rambut

Langkah kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi problem rambut rontok adalah dari makanan dengan nutrisi seimbang. Semua makanan yang baik untuk tubuh secara keseluruhan baik juga untuk rambut. Di antaranya makanan tinggi protein, rendah karbohidrat, dan rendah lemak.

Namun, ada pula zat-zat lain yang secara spesifik diperlukan untuk kesehatan rambut seperti asam lemak omega 3, vitamin A, vitamin B kompleks, zat besi, zinc, dan silika.

Kekurangan salah satu zat ini seringkali luput dari perhatian kita, namun sesungguhnya berperan penting terjadinya kerontokan rambut. "Dari sekian banyak nutrisi tersebut sangat mempengaruhi kualitas dan kesehatan rambut. Seperti vitamin A yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala agar tetap sehat, rambut tetap lembut dan tidak rontok. Sedangkan vitamin B kompleks mampu mempertahankan sirkulasi darah dalam kulit kepala, zink sangat penting dalam pembentukan rambut dan silika mampu mempertahankan struktr rambut." terang dr Ni Putu

Semua nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dari makanan sehari-hari seperti sayur-sayuran, ikan, susu, telur, daging, dan lain sebagainya.

Semoga artikel Tips merawat rambut rontok berguna, trmkash

Sumber : Nurani
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Translate

 
Author : Desain Blog
Copyright © 2013. Amalina Kayyisah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
-->